10 Kiat Hilangkan Tegang pada Mata

oleh pada Selasa, 12 November 2013
10 Kiat Hilangkan Tegang pada Mata Bandung10 Kiat Hilangkan Tegang pada Mata. Yang hobi main komputer atau game, terkadang mata kita tiba - tiba menjadi kabur, bahu / punggung yang terasa pegal dan sebagainya. Hal ini wajar mengingat durasi waktu di depan komputer yang cukup lama. Nah fokus artikel kali ini pada kesehatan mata. Semoga bagi Anda yang bekerja di depan komputer terbantu dengan adanya tips berikut ini. (diintisarikan dari kompas health)

10 Kiat Hilangkan Tegang pada Mata

1. Istirahatkan mata sejenak
Bagi admin website yang dari pagi hingga sore kerjanya di depan komputer, perlu istirahat di waktu tertentu. Istirahatkan aktivitas Anda, menatap objek yang jauh dan kalau perlu berjalan - jalan sebentar. Hal ini untuk mengurangi tegang pada mata karena objek yang kita lihat sangat dekat jaraknya. Tentunya bos memahami hal ini kok, asal istirahatnya tidak beselang sejaman. Cukup 5 menit saja! :)

2. Kedipkan mata lebih sering
Bukan rahasia bagi orang yang sudah fokus di depan komputer akan selalu mengamati layar monitornya tanpa berkedip. Hal inilah yang membuat mata menjadi tegang. Ada baiknya lebih insten dalam mengedipkan kelopak mata setiap 5 detik agar dapat diminimalisir ketegangan.

3. Buatlah ruang kerja senyaman mungkin
Ruang kerja juga ikut memberikan andil pada kinerja kita. Ruangan kerja yang dekat AC tidak dianjurkan, karena akan membuat mata cepat kering. Ada baiknya posisi AC jauh dari perangkat komputer kita.

4. Lindungi dari sinar matahari
Jika perlu pergi ke luar ruangan, maka pastikan Anda menggunakan perlengkapan yang dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet. Menurut guru besar kesehatan mata sekaligus Ketua Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Nila F Moeloek, penggunaan kacamata hitam dan topi dapat menjaga mata dari efek negatif sinar UV. "Melindungi mata dari sinar UV juga dapat mencegah penyakit-penyakit mata seperti katarak," ujarnya.

5. Rileksasi mata
Cara rileksasi mata yaitu dengan menggosokkan telapak tangan hingga terasa panas, kemudian didekatkan kepada mata beberapa detik. Lakukan beberapa kali hingga mata benar - benar terasa rileks.

6. Gunakan kacamata pelindung
Untuk meminimalisir, Anda bisa gunakan kacamata pelindung ketika berada di depan komputer. Hal ini mengurangi banyaknya cahaya yang masuk ke mata. (pereduksi)

7. Pijat
Jangan lupa setiap malam sebelum tidur memijat ringan mata Anda, agar sirkulasi darah menjadi lancar kembali, sehingga besok paginya Anda akan merasa fresh. Lakukan rutin setiap harinya dengan durasi waktu pijat 1-2 menit.

8. Atur pencahayaan layar komputer
Jika komputer Anda sangat terang, atur pencahayaan dan tingkat kontrasnya. Hal ini terbukti membantu lho.

9. Periksa mata
Meski memiliki penglihatan yang baik dan tidak ada masalah ketika membaca, pemeriksaan mata rutin tetap wajib hukumnya. Menurut dr Elvioza, SpM, dokter mata dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia/Rumah Sakit dr Cipto Mangunkusumo (FKUI/RSCM), masalah-masalah pada mata termasuk kebutaan dapat dicegah dengan memeriksakan secara teratur enam bulan atau satu tahun sekali.

"Pemeriksaan bahkan perlu dimulai sebelum ada masalah yang dirasakan pada mata," kata dia.

10. Tidur cukup
Jangan lupa tidur yang cukup. Tidak sedikit para programer yang jarang tidur saat mengerjakan suatu proyek. Tidak heran jika sebagian programer kurus, pipi cekung dan mata yang agak melotot. Karena keseringan di depan komputer.

Demikian informasi mengenai 10 Kiat Hilangkan Tegang pada Mata, semoga bermanfaat.

Terkait