Anak Manja Rentan Terkena Skizofrenia

oleh pada Rabu, 18 September 2013
Anak Manja Rentan Terkena Skizofrenia Bandung
Anak Manja Rentan Terkena Skizofrenia
Anak Manja Rentan Terkena Skizofrenia. Banyak orang tua yang salah dalam mengasuh anak,  dengan memanjakan mereka. Lambat laun jika mereka tumbuh dewasa dan terlepas dari orang tuanya nanti, mereka akan kesulitan menjalani kehidupan, karena kemandirian mereka tidak ada.

Contoh kasus, ketika terjadi masalah yang pelik, mereka kesulitan untuk menangani sendiri, karena selama ini kedua orangtuanya lah yang membantunya.

Belum lagi masalah - masalah lainnya yang membuat mereka stres berkepanjangan dan berpeluang terkena Skizofrenia, suatu gangguan kejiwaan dan kondisi medis yang mempengaruhi fungsi otak manusia, mempengaruhi fungsi normal kognitif, emosional dan tingkah laku.

“Anak dengan pola asuh seperti ini besar kemungkinan mudah menderita stres. Stres yang terus terjadi bukan tidak mungkin menimbulkan berbagai halusinasi dan menyebabkan skizofrenia,” kata psikiater dari UGM dr. Mahar Agusno Sp.KJ (K).

Pola asuh yang memanjakan, kata Mahar, tidak memberikan anak kesempatan belajar tanggung jawab. Padahal, seiring bertambahnya usia tanggung jawab anak semakin bertambah. Perlahan anak akan bertanggung jawab atas diri sendiri dan lingkungannya. Bila tidak terbiasa bertanggung jawab sejak dini, hal tersebut akan menimbulkan tekanan.

“Anak harus berlajar tanggung jawab sejak dini, minimal pada apa yang dilakukannya. Tentunya beban tanggung jawab harus dipikul seiring usia,” kata Mahar.

Terkait